Sejarah Menarik dibalik Pulau Tidung yang Indah



Berlibur ke pulau tampaknya sedang dilirik oleh banyak wisatawan belakangan ini. Tidak perlu jauh-jauh pergi mencari pulau yang indah sampai ke luar daerah, di wilayah dekat Jabodetabek yaitu Kepulauan Seribu terdapat banyak pulau yang dapat digunakan untuk berlibur, salah satunya adalah Pulau Tidung. Pulau ini merupakan pulau terbesar dalam gugusan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau indah ini memiliki luas sekitar 109 ha dengan populasi sekitar 5000 jiwa. Dibalik keindahan pulau ini, siapa yang menyangka bahwa dulu pulau ini sering digunakan sebagai tempat berlindung. Nama Pulau Tidung sendiri berasal dari kata Tidung (dalam aksen penduduk setempat pada waktu itu), yang artinya tempat berlindung atau bersembunyi, karena pulau ini sering menjadi tempat untuk berlindung/bersembunyi para warga dari bajak laut atau perompak. Oleh karena itu pulau ini dinamakan Pulau Tidung yang artinya pulau untuk tempat berlindung.

Menurut Buku Sedjarah Djakarta, yang terbit pada tahun 1960 atau 1970-an diceritakan, pada waktu Fatahillah menyerbu Portugis di Malaka, ia memanfaatkan pulau-pulau di teluk Jakarta sebagai basis untuk mengatur strategi pada zaman dahulu, salah satunya adalah Pulau bersejarah ini. Berdasarkan data dari warga setempat, Pulau Tidung mulai dihuni oleh penduduknya sekitar tahun 1920-an. Saat itu terdapat seorang penjaga pulau yang datang dari Rawa Belong, Jakarta Barat. Pada saat penjajah Jepang datang ke Indonesia yakni pada tahun 1942, penduduk Pulau Tidung sempat diungsikan ke daerah Tegal Alur Jakarta Barat. Pengungsian berlangsung kurang lebih selama tiga tahun, hingga tahun 1945, setelah itu penduduk pulau dapat kembali ke pulau Tidung setelah Penjajahan Jepang lengser.


Kini pulau yang bersejarah ini sudah menjadi pusat Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan yang membawahi 3 Kelurahan antara lain: Kelurahan Pulau Pari, Untung Jawa dan Tidung. Berbeda dengan sejarahnya yang menjadikan sebagai tempat berlindung dan bersembunyi, sekarang pulau ini sudah digunakan sebagai tempat wisata karena banyak tempat-tempat di pulau ini yang menyuguhkan pesona dan keindahan alam, sehingga sudah banyak pula agen travel yang menyediakan paket wisata Pulau Tidung dengan harga murah dan fasilitas lengkap. Tidak hanya keindahan pulaunya saja yang dapat kita nikmati, tetapi cerita dibaliknya pun dapat kita resapi.

0 comments:

Post a Comment